Liga Champions 2009/2010 Babak Semifinal, Lyon vs Bayern München

——————————————————————————————————————–

Jelang Pertandingan 2nd leg UEFA Champions League 2009/2010, Babak Semifinal

———————————————————————————————————————

Lyon vs Bayern München

Kompetisi    : UEFA Champions League
Tanggal      : 28 April 2010
Kick off       : 01:45 WIB
Stadion     :Stade de Gerland, Lyon, Perancis

Head to head antar kedua tim adalah sbb :

22 Apr 10, Bayern München 1 – 0 Lyon, Liga Champions Semifinal
11 Des 08, Lyon 23 Bayern München, Liga Champions Group F
01 Oct 08, Bayern München 1 – 1 Lyon, Liga Champions Group F
05 Nov 03, Bayern München 1 – 2 Lyon, Liga Champions Group A
21 Oct 03, Lyon 1 – 1 Bayern München, Liga Champions Group A
06 Mar 01, Lyon 3 – 0 Bayern München, Liga Champions group C
23 Nov 00, Bayern München 1 – 0 Lyon, Liga Champions group C

Data statistik 5 pertandingan terakhir Lyon di berbagai ajang adalah sbb :

08 Apr 10, Bordeaux 1 – 0 Lyon, Liga Champions
11 Apr 10, Lyon 1 – 1 Lille, League 1
18 Apr 10, Bordeaux 2 – 2 Lyon, League 1
22 Apr 10, Bayern München 1 – 0 Lyon, Liga Champions
24 Apr 10, Lyon vs AS Monaco, Postponed

Kondisi terkini : Dengan poin 59 dari 33 laga, saat ini Lyon menempati posisi ke 5 League 1, dan terancam tidak lolos ke Liga Champions musim depan. Batas posisi agar bisa berlaga di Liga Champions bagi Liga Perancis adalah posisi 3, yang saat ini ditempati oleh Lille dengan 61 poin dari 34 pertandingan.

Selain itu, dengan dikabulkannya permohonan penundaan laga Lyon melawan AS Monaco di League 1 pada pekan 34 kepada otoritas sepakbola Perancis ( FFF ), yang seharusnya digelar 24 April 2010 Sabtu lalu menjadi 13 Mei 2010, dengan alasan agar Lyon lebih siap menghadapi Bayern München di 2nd leg semifinal Liga Champions malam nanti dinihari, otomatis Lyon mempunyai waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan langkah menuju final Liga Champions pertama mereka.

Saya heran dengan keputusan FFF ini. Baru kali ini saya menjumpai laga liga domestik ditunda hanya karena ingin lebih siap di ajang Liga Champions. Jika FFF melakukan itu, saya khawatir akan menular ke liga domestik lainnya. Karena biasanya, laga diantara Liga Champions merupakan laga big match, maka akan sayang sekali jika harus ditunda. Kenapa ya FFF melakukan penundaan laga itu ? Alasan sebenarnya apa ? Apakah jadwal kompetisi yang kurang padat ? Lihat saja di Inggris. Penundaan laga, akan mengakibatkan FA pusing. Karena jadwal sudah penuh semua. Jadi, kita tunggu saja apa efek dari penundaan laga Lyon vs AS Monaco yang dilakukan FFF.

Sedangkan data statistik 5 pertandingan terakhir Bayern München di berbagai ajang adalah sbb :

08 Apr 10, Manchester United 3 – 2 Bayern München, Liga Champions
10 Apr 10, Bayer Leverkusen 1 – 1 Bayern München, Bundesliga
17 Apr 10, Bayern München 7 – 0 Hannover 96, Bundesliga
22 Apr 10, Bayern München 1 – 0 Lyon, Liga Champions
24 Apr 10, Borussia M’gladbach 1 – 1 Bayern München, Bundesliga

Kondisi terkini : Di ajang Bundesliga Jerman, Bayern München menempati posisi teratas dengan poin 64 dari 32 pertandingan. Poin ini sama dengan Schalke 04 yang menempati posisi runner up. Namun, karena Bayern München unggul selisih gol, +37 berbanding +24, maka Franck Ribery cs berhak di tangga 1 Bundesliga.

Pada pertemuan pertama kontra Lyon di 1st leg semifinal Liga Champions seminggu yang lalu, Bayern München sukses memenangi pertandingan. Namun, pada pertemuan 2nd leg ini akan sedikit berbeda dari segi persiapan kedua tim. Lyon, yang diuntungkan dengan penundaan laga melawan AS Monaco, pasti lebih bugar. Bandingkan dengan Bayern München, ketika melawan Munchengladbach, yang harus berjibaku untuk menyamakan kedudukan 1 – 1 melalui Klose pada menit 73’ setelah ketinggalan 1 – 0 oleh Marco Reus pada menit 60’.

Jika begitu kenyataannya, rasanya tidak adil bukan ?

Prediksi

Walau Lyon mempunyai skuad yang lebih bugar dan fresh, tidak berarti mereka akan melenggang mudah ke final. Lawan yang dihadapi kali ini berbeda. Kita akan lihat rekam jejak Lyon menuju semifinal.

Ketika menghadapi Real Madrid di babak perdelapanfinal, mereka sukses melaluinya. Kesuksesan ini tidak sangat berarti karena mereka sudah berpengalaman melawan tim yang sama di babak yang sama pula di Liga Champions musim lalu.

Di babak perempatfinal, giliran Bordeaux yang disingkirkan oleh Lyon. Bordeaux ? Saya kira Lyon sudah paham benar cara bermain Bordeaux. Secara mereka bertarung di liga yang sama. Jadi wajar jika Lyon berhasil menyingkirkan Bordeaux. Selain itu, waktu itu, Hugo Lloris, sang penjaga gawang Lyon, bermain sangat gemilang. Walau di bombardir oleh barisan penyerang Bordeaux, Lloris tetap bisa mementahkan beberapa peluang emas Gourcuff dkk. Padahal, jika sampai kebobolan satu gol saja, Lyon dipastikan out.

Sekarang, di semifinal, Lyon akan menghadapi tim yang berbeda. Baik dari segi cara bermain maupun suasana kompetisi liga. Bayern München, yang bermain agak “malas-malasan” dan tidak meyakinkan, karena selalu menang di Allianz Arena dan selalu kalah ketika bertandang ke markas lawan, akan menguji benteng pertahanan Lyon. Benteng pertahanan ini wajib diwaspadai oleh Lyon, sebab Bayern München sangat “suka” sekali membobol jala tuan rumah.

Dengan “kesukaan” mereka membobol jala tuan rumah itulah, Bayern München sukses menapak sampai semifinal, dengan selalu unggul gol tandang. Fiorentina dan Manchester United sudah merasakan akibat dari “kesukaan” Bayern München tersebut.

Apakah jala Lyon akan dibobol lagi oleh Olic dkk ? saya kira iya. Sebab, meraih kemenangan dengan margin 2 gol atas Bayern München, margin 2 gol ini ini sebagai syarat agar mereka lolos ke final, sangat sulit sekali direalisasikan.

Jika pertanyaan yang lain diajukan kepada saya, apakah Lyon akan menang ? Jawaban saya adalah iya benar, Lyon akan menang dan tidak kalah. Seri ? Bisa juga. Tapi sayang, jika Lyon menang, kemungkina skornya tidak menunjukkan selisih margin 2 gol.

Mungkin skor akhir adalah 2 – 1. Atau seri 1 – 1 jika Lyon “apes”.

Menurut anda ?

Copi ( 09:25 WIB )

———————————————————————————————————————-

One comment on “Liga Champions 2009/2010 Babak Semifinal, Lyon vs Bayern München

  1. Pingback: Hasil Pertandingan Liga Champions 2009/2010, Tanggal 28 April 2010 « CopiLuvHera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s