Hantu ? Siapa Takut…

Sudah hampir 40 hari ini aku pindah kantor. Yang dulunya berkantor di sekitar bangunan-bangunan pabrik tempatku bekerja, sekarang pindah ke gedung baru. Gedung itu namanya Gedung Dormitory. Fungsinya dulu sebagai tempat istirahat para tamu pabrik atau bahasa kerennya Guest House. Jadi, gedung Dormitory dulu, terdiri dari kamar-kamar, yang dilengkapi dengan lobby, musholla, kamar mandi, dan pantry.

Alasan utama pindah kantor adalah karena kebijakan manajemen, untuk membangun pabrik baru, maka gedung kantor yang lama dihancurkan.

Jadinya, gedung Dormitory yang dulu terdiri dari ruangan-ruangan kamar, diubah menjadi sebuah ruangan besar, yang dapat dimuati meja dan kursi, serta sekat-sekat yang memisahkan antar meja. Ruangan kerjaku terletak dilantai 2. Lantai 1 untuk seksi yang lain.

Cerita dari mulut ke mulut, katanya Gedung Dormitory itu ada penunggunya. Munculnya setiap jam 11 malam sampai jam 2 dinihari. Si hantu itu, adalah sejenis kuntilanak. Parahnya lagi, katanya dia menetap di ruangan yang aku tempati. Tepatnya di belakang AC ruanganku. Asal diketahui, type AC ruanganku bukan AC yang menempel di dinding ( split ), tapi type yang standing.

Seperti biasa, disaat ada pemeliharaan mesin tahunan, semua personel pasti dapat jatah masuk shift 2 ( Di tempatku cuma ada 2 shift ). Para personel konsultan juga mengikuti personel induk masuk kerjanya. Banyak cerita-cerita yang mengatakan bahwa saat mereka masuk shift 2 ( jaga malam ), mereka melihat bayangan sosok perempuan berbaju putih, lewat keluar dari balik AC, berjalan keluar pintu, terus dia kembali lagi masuk ke balik AC.

Lain lagi apa yang dialami oleh personel yang lain. Ketika asyik main komputer sendiri, tiba-tiba dikejutkan oleh suara sandal yang terdengar seperti naik ke lantai 3 ( loteng ). Langsung saja dia meninggalkan ruangannya, beranjak ke lapangan proyek.

Ada lagi cerita, ada yang mendengar kran kamar mandi tiba-tiba membuka sendiri. Sehingga terdengar air yang gemericik memenuhi bak mandi. Tak lama berselang, kran air tersebut kemudian mati.

Ada yang melihat, sepasang kaki menggantung di meja sebelah tempatnya bekerja, dll dll.

Karena mendengar cerita-cerita seperti itu, aku jadi penasaran dibuatnya. Kemudian aku  mulai bertanya kepada yang pernah melihat penampakan hantu. dan jawaban mereka sama, mereka hanya melihat dari sudut mata mereka. Jadi mereka melihatnya tidak face-to-face. Bagiku, kalau hanya melihat dari sudut mata, berarti itu hanya bayangan sesuatu saja. Karena mereka takut, maka bayangan sesuatu itu dikira hantu.

Kemudian, aku tanya kepada yang mendengar kran air hidup dan mati sendiri dan suara sandal yang kelihatannya naik ke lantai 3. Jawaban mereka sama juga, setelah mereka mendengar, mereka tidak mengecek kebenaran akan suara yang di dengarnya. Siapa tahu suara sandal tadi yang memakai adalah benar-benar manusia, dan merupakan personel yang masuk shift malam juga di seksi lain. Siapa tahu yang menyalakan kran adalah memang benar-benar manusia, yang saat itu perlu menyalakan kran karena air di bak mandi sudah menyentuh dasar bak mandi.

Aku heran, mengapa mudah sekali bagi orang-orang membuat sebuah kesimpulan. Sedikit-sedikit dikaitkan dengan hantu…😦. Aku sendiri juga pernah masuk shift 2. Waktu menjelang dinihari, aku sering melihat keluar jendela. Semuanya baik baik saja. Tempat dudukku tepat di depannya AC, tempatnya si hantu perempuan “menetap”. Sampai pagi juga tidak ada masalah.

Buat aku, aku percaya bahwa “mereka” memang benar-benar ada di sekeliling kita. Mereka itu tidak bisa menyentuh kita, apalagi melukai kita. “Mereka” makhluk kasat mata, sedangkan kita makhluk visual. Kita adalah pemimpin dunia. Khalifah di bumi. Kita adalah makhluk yang paling sempurna. Malaikat dan Iblis saja bersujud kepada kita.

Pertanyaannya, kenapa kita harus takut kepada “mereka” ?

Jangan kebanyakan lihat film-film horor buatan Indonesia lah. Film-film itu tidak ada benarnya. Menyesatkan. Apalagi judulnya dibuat-buat.

Hantu Jembatan Semanggi, Hantu Jeruk Purut, Hantu Jamu Gendong, dan sebagainya. Satu lagi film horor yang membuat aku tertawa waktu mendengar judulnya : Hantu Puncak Datang Bulan… Memangnya ada hantu lagi datang bulan ??? Aduh….

Buat rekan-rekanku dikantor, mohon berpikir yang rasional saja. Aku juga punya rasa takut. Tapi aku berpikir, bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna. Dengan kesempurnaan kita, kita harus percaya diri. Jangan takut kepada jin, setan, iblis, dll. Takutlah hanya kepada Alloh SWT.

Bukan berarti aku berani sendirian di kuburan malam hari…🙂

Copi ( 12:58 )

5 comments on “Hantu ? Siapa Takut…

  1. yang jelas aku setuju kalo film2 horor aneh di Indonesia itu ngga usah diproduksi. btw, kalo sendirian dan gelap, aku masih merinding juga siy.. hehe

      • iya betul🙂 makanya ngga boleh kelamaan di kamar mandi ya, karena sepertinya merupakan tempat yg disukai oleh … (ngga mau sebut nama deh di sini, hiii)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s