Hati Hati Jika Naik Motor… ( 5 )

From part 4…

Bell’s Palsy terjadi secara tiba-tiba. Beberapa jam sebelum terjadinya kelemahan pada otot wajah, penderita bisa merasakan nyeri di belakang telinga. Kelemahan otot yang terjadi bisa ringan sampai berat, tetapi selalu pada satu sisi wajah. Sisi wajah yang mengalami kelumpuhan menjadi datar dan tanpa ekspresi, tetapi penderita merasa seolah-olah wajahnya terpuntir.

Sebagian besar penderita mengalami mati rasa atau merasakan ada beban di wajahnya, meskipun sebetulnya sensasi di wajah adalah normal. Jika bagian atas wajah juga terkena, maka penderita akan mengalami kesulitan dalam menutup matanya di sisi yang terkena. Kadang penyakit ini mempengaruhi pembentukan ludah, air mata, atau sistem pengecapan di lidah.

afp20071001p997-f2

Pada dasarnya, tidak ada pengobatan khusus untuk Bell’s Palsy. Sebagian besar kasus dapat sembuh dengan spontan. Penatalaksanaan standar dengan kortikosteroid harus diberikan dalam waktu tidak lebih dari 2 hari setelah timbulnya gejala dan dilanjutkan sampai 1-2 minggu. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa obat antivirus (bila disebabkan oleh virus) dan antiinflamasi dapat efektif mempercepat proses penyembuhan. Obat tetes mata dapat juga diberikan untuk mencegah kekeringan pada mata.

Nervus akan melakukan regenerasi sekitar 1-2 mm per hari. Jika kelumpuhannya parsial (sebagian), maka penyembuhan total terjadi dalam waktu 1-2 bulan. Prognosis pada kelumpuhan total adalah bervariasi, tetapi dengan penatalaksanaan yang baik, sebagian besar kasus dapat sembuh secara sempurna.

bellspalsy-dr-chen

405550895_dbc783bfa9_m

CATATAN : Btw foto yang pas diatas CATATAN ini bukan fotoku lho…Foto hasil nge ” search” lewat mbah Google juga..Hehehehe…Kalo penasaran, silahkan ketikkan key word sendiri…..OK ?

Sumber :

* http://www.medicastore.com
* http://www.litbang.depkes.go.id
* http://www.kalbe.co.id
* http://www.bellspalsy.ws
* Sidharta, Priguna Prof.DR.dr. dan Mardjono, Mahar Prof.DR.dr. 2006. Neurologi Klinis Dasar. Jakarta: Dian Rakya

( The End )

By copiluvhera Posted in Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s