Hati Hati Jika Naik Motor… ( 4 )

Sambungan dari bagian 3…

Sebagai catatan :

1. Wanita hamil berpotensi 3X lebih mudah terkena Bell’s Palsy daripada wanita yang tidak hamil.
2. Penderita diabetes, perokok, dan penggunaobat- obatan sejenis steroid berpotensi 4X lebih mudah terserang Bell’s Palsy daripada orang lain.3. Rata-rata 40.000 orang Amerika setiap tahun menderita Bell’s Palsy.
4. Terakhir, ini adalah catatan beberapa orang terkenal yang pernah menderita Bell’s Palsy. Beberapa di antaranya sembuh total, namun tidak sedikit yang tidak sembuh sehingga hingga kini, wajah mereka masih tampak mencong akibat penyakit itu.

Mereka adalah :
a. Sylvester Stallone
b. John Travolta.
c. Jean Chretien (Perdana Menteri Canada)
d. John McCain (senator Arizona)
e. Jim Ross (komentator World Wrestling Entertainment)
f. Rick Savage (bassis grup metal Def Leppard)
g. Ayrton Senna (pembalap)
h. Tom Holland (sutradara)
i. Andrew Llyod Webber (komposer)
j. Pete Maravich (pebasket)

( sumber : santolita.blogspot.com )

Artikel yang selanjutnya, bisa temen temen baca dibawah ini…

Bell’s Palsy dan Serangan Stroke: Ini Bedanya!
Jodi VisnuFri, 2008-09-12 17:06

Seorang pasien datang dengan keluhan mulutnya miring mendadak ke sebelah kiri, disertai dengan kelopak mata kiri yang sulit ditutup. Ia mengatakan bahwa dari sejak pagi hari tidak dapat minum dengan sempurna, keluhan tambahannya adalah air minum justru keluar kembali dari sudut mulutnya yang miring itu. Gerakan tangan dan kakinya normal, sama sekali tidak ada keluhan. Pertanyaan yang dilontarkannya kepada dokter, Dok, apakah saya terkena stroke??

Pasien tersebut menderita suatu penyakit neurologi yang disebut Bell’s Palsy. Penyakit ini sama sekali berbeda dengan stroke dan tidak bersifat permanen. Pada Bell’s Palsy tidak disertai dengan kelumpuhan anggota gerak. Kerusakan yang terjadi, langsung pada nervus yang mempersarafi wajah, yakni nervus facialis, yang merupakan salah satu bagian dari kedua belas nervus cranialis.

fig7_1

Nervus ini berasal dari bagian batang otak yang disebut pons. Dalam perjalanannya menuju kelenjar parotis, nervus facialis harus melalui suatu lubang sempit dalam tulang tengkorak yang disebut Canalis Falopia. Setelah mencapai kelenjar parotis, nervus ini akan bercabang menjadi ribuan serabut saraf yang lebih kecil yang mempersarafi daerah wajah, leher, kelenjar liur, kelenjar air mata, 60% bagian depan lidah, dan sebagian telinga.

Penyebab Bell’s Palsy tidak diketahui. Namun diduga terjadi penekanan maupun pembengkakan nervus facialis, dapat terjadi sebagai respon terhadap infeksi virus. Dalam hal ini, diyakini Virus Herpes Simpleks yang diyakini menjadi penyebabnya.

Penyakit ini dapat pula diakibatkan oleh terpaan angin dingin yang masuk ke dalam foramen stilomastoideum, menyebabkan nervus di sekitar wajah mengalami sembab lalu membesar. Pembengkakan nervus facialis mengakibatkan pasokan darah ke nervus tersebut terhenti. Hal itu menyebabkan kematian sel sehingga fungsi hantaran impulsnya terganggu. Akibatnya, perintah otak untuk menggerakkan otot-otot wajah tidak dapat diteruskan.

afp20071001p997-f1

( continued )

By copiluvhera Posted in Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s