Reruntuhan Kota Mesir Kuno Ditemukan Dekat Oasis

mesir.jpg Foto yang dirilis Dewan Purbakala Mesir (EAD) memperlihatkan para arkeolog sedang menggali reruntuhan kota kuno di Kom Oshim, barat laut Kairo

KAIRO, SELASA – Tim arkeolog AS menemukan reruntuhan kota kuno dekat Oasis Fayyum di kawasan bergurun Mesir. Kota tersebut diperkirakan berusia 7000 tahun atau dibangun saat pertanian mulai berkembang untuk pertama kalinya di Mesir.
“Survei elektromagnetik menunjukkan adanya deretan dinding dan jalan di wilayah Karanis yang mirip dengan konstruksi bangunan pada periode Greco-Roman,” ujar Zahi Hawass, Kepala Dewan Tinggi Purbakala Mesir, seperti diliris AFP, Selasa (29/1).

Reruntuhan kota kuno tersebut masih tertimbun di dalam pasir dan penggalian masih terus dilakukan. Gambaran terperinci struktur kota tersebut akan diumumkan secepatnya.

“Artifak-artifaknya terdiri dari reruntuhan pagar dan rumah terracota atau batu gamping, termasuk banyak gerabah, pondasi tungku dan penyimpan biji-bijian,” tambah Hawass. Benda-benda antik tersebut berasal dari Periode Neolithic antara 5200-4500 tahun sebelum Masehi.

Sementara itu, direktur lembaga purbakala setempat, Ahmed Abdel Alim, mengatakan reruntuhan kota tersebut ditemukan hanya tujuh kilometer dari Danau Fayyum. Ia memperkirakan kota tersebut mungkin berada di tepian oasis saat ditempati.(AFP/kompas.com)

3 comments on “Reruntuhan Kota Mesir Kuno Ditemukan Dekat Oasis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s