Keragaman Makhluk Hidup Terjadi dalam Dua ’Ledakan’

Bentuk kehidupan yang kompleks di muka Bumi seperti saat ini diperkirakan muncul dalam dua gelombang ’ledakan’ keragaman. Hasil penelitian terabaru menunjukkan bahwa diversivikasi spesies sudah terjadi puluhan juta tahun lebih awal dari perkiraan.

Munculnya spesies-spesies baru mengalami lonjakan sangat besar sekitar 542 juta tahun yang lalu pada rentang periode yang disebut ledakan Cambrian. Namun, para ilmuwan kini berpendapat bahwa peristiwa serupa sebenarnya sudah terjadi 33 juta tahun sebelumnya.

Mereka menyebutnya ledakan Avalon. Peristiwa ini terjadi pada rentang waktu yang disebut Periode Ediacaran di Bumi antara 635 juta tahun hingga 542 juta tahun lalu.     

“Sekarang terlihat bahwa pada awal khidupan makroskopis, antara 575-520 juta tahun lalu, tidak hanya satu, tetapi setidaknya dua episode utama berkembangnya morfologi secara tiba-tiba,” ujar Shuhai Xiao, seorang paleontolog dari Universitas Teknologi Virginia, AS.

Temuan timnya yang dipublikasikan dalam jurnal Science edisi 4 Januari 2008 diperoleh dari perbandingan 200 spesies berbeda. Bentuk tubuh dan keragaman spesies-spesies tersebut muncul dari periode yang sama pada Periode Ediacaran.

“Ledakan Avalon merupakan kejadian terpisah, tidak sama dengan pola evolusi pada ledakan Cambrian,” ungkap Xiao. Namun, makhluk-makhluk hidup yang muncul pada ledakan yang pertama ini hampir semuanya punah sebelum terjadi ledakan Cambrian yang kedua.(LIVESCIENCE/WAH/sofyan)

By copiluvhera Posted in Sains

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s