Peluang Tabrakan Asteroid ke Mars Meningkat

 Foto Planet Mars yang direkam Teleskop Ruang Angkasa Hubble pada 26 Juni 2001 Foto Planet Mars yang direkam Teleskop Ruang Angkasa Hubble pada 26 Juni 2001

LOS ANGELES, MINGGU – Peluang tabrakan sebuah asteroid sebesar lapangan sepakbola ke permukaan Mars bulan depan terus meningkat. Analisis data yang dirilis terakhir Jumat (28/12) menunjukkan peluang tabrakan sudah mencapai 4 persen.Keberadaan asteroid yang diberi nama 2007 WD5 itu pertama kali diketahui akhir November 2007 selama Survei Langit Catalina yang didanai NASA. Sampai minggu lalu, peluangnya menabrak Planet Mars pada 30 Janusri 2008 hingga 1:75 naik dari peluang saat ditemukan yang 1:300.

Namun, berdasarkan hasil pengukuran baru terhadap lintasannya dari arsip informasi sejak penemuan asteroid tersebut menghasilkan peluang hingga 1:25. Temuan ini mendorong para pakar melakukan pengukuran lebih  teliti mengenai orbit dan lintasan asteroid.Meski peluangnya kecil, tabrakan kedua benda langit ditunggu-tunggu para pengamta astronomi di sleuruh dunia. Jika terjadi, tabrakan akan menghasilkan kawah selebar 500 meter di permukaan Mars. Ebergi yang dilepaskan setara dengan peristiwa tumbukan objek langit di Tunguska, Siberia, pada 1908 yang menyebabkan hangusnya 60 juta pohon di hutan.“Saya kira ini sangat keren,” ujar Don Yeomans, kepala Program Objek Dekat Bumi di Laboratorium Propulsi Jet, NASA. “Biasanya, jika sebuah asteroid mendekati Bumi, saya tidak akan berharap terjadi tumbukan.”

Asteroid 2007 WD5 tidak membahayakan Bumi. Objek tersebut kini tengah mendekati ke Mars dengan kecepatan 45.000 kilometer perjam.(AP/WAH/kompas.com)

By copiluvhera Posted in Sains

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s